Rumah Ambruk Robi Dibantu Baznas

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sumedang hari ini Rabu, (02/06/2021) menyalurkan bantuan untuk perbaikan rumah tidak layak pada Robi (25) warga Dusun Dangdeur Rt 02/05 Desa Cigendel Kecamatan Pamulihan.

Seperti kita ketahui dari pemberitaan melalui media sosial sebelumnya bahwa rumah Robi menjelang salat Idul Fitri 1442 H ambruk karena kayu-kayu penopang rumahnya telah lapuk dimakan usia.

Mendapatkan informasi tersebut Layanan Aktiv Baznas Kabupaten Sumedang bergeas turun kelapangan melakukan asesmen untuk mendapatkan kebenaran dari informasi pemberitaan tersebut serta berkoordinasi dengan pihak pemerintah desa setempat dan benar rumah tersebut sudah ambruk, sebelum rumah tersebut terkena musibah sudah diusulkan pada dinas terkait untuk mendapatkan perbaikan namun belum juga mendapat giliran perbaikan.

Komitmen BAZNAS Sumedang Bantu Krisis Ekonomi Akibat Pandemi

RADARSUMEDANG.ID – Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZnas) Kabupaten Sumedang Ayi Subhan Hafas mengatakan, pihaknya akan tetap berkomitmen menjadi badan pengelolaan zakat yang handal.

Itu dikatakan Ayi Subhan saat menghadiri gebyar Ramadan Pemberdayaan Dana Zakat Infaq dan Shodaqoh di Gedung Islamic justify, Kamis (6/5) petang.

Menurutnya, kaum duafa yang hidup serba kekurangan, anak yatim yang terlantar, disabilitas yang hidup dalam keterpurukan ditambah krisis ekonomi pandemi Covid-19 yang berkepanjangan serta masih banyak lagi kondisi memprihatinkan sangat membutuhkan peran BAZNas.

“Melalui zakat kita dapat membantu yang membutuhkan agar kehidupan mereka menjadi lebih baik lagi,” kata Ayi Subhan.

Ayi memaparkan, setidaknya empat komponen zakat.

Pertama harta kita yang sejatinya adalah milik Allah SWT. Kedua Muzaki yang memberikan zakat, ketiga mustahiq yang berhak menerima zakat, dan keempat Badan Amil yang bertugas menjadi fasilitator dalam penghimpunan, pengelolaan, dan pendistribusian zakat.

Pengumuman Pemenang Lomba Dakwah Digital

Bupati Sumedang Launching Gerakan Cinta Zakat, Begini Pesannya

TIMESINDONESIA, SUMEDANG – Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir launching secara resmi Gerakan Cinta Zakat ditandai dengan melakukan pembayaran zakat sebesar Rp 25 juta yang diterima oleh petugas Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Hal ini disaksikan langsung oleh Ketua Baznas Sumedang, Ayi Subhan Hafas, perwakilan tokoh masyarakat, ulama, pimpinan pondok pesantren serta unsur terkait lainnya di Gedung Negara (GN) Sumedang, Kamis (29/4/2021).

Bupati mengatakan bahwa Gerakan Cinta Zakat tujuannya agar bagaimana menyadarkan masyarakat untuk senantiasa menyalurkan zakatnya di tempat yang resmi di kantor Baznas Sumedang.

Baznas Berbagi Paket Buka Puasa Ceria

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah sehingga umat muslim yang beriman sangat bergembira ketiban bulan suci ini dan akan terus mewarnainya dengan menebar kebaikan.

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sumedang melaksanakan kegiatan berbagi paket buka puasa ceria menjelang waktu berbuka puasa dengan ratusan warga masyarakat pengguna jalan protokol Sumedang, Sabtu (24/04/2021).

Aksi amal ini wujud kepedulian Baznas untuk dapat saling berbagi antar sesama, apa lagi di bulan mulia ramadhan ini kita dianjurkan untuk dapat saling berbagi dan memberi makan orang yang berpuasa.

Tujuh Tahun Terbaring Sakit, Ny Oo Dapat Bantuan Kursi Roda

RADARSUMEDANG.ID, TANJUGKERTA – Oo Rohmanah (52), warga Dusun Liunggunung RT 03 RW 04 Desa Tanjungmulya Kecamatan Tanjungkerta sudah 7 tahun terbaring sakit di kasurnya. Untuk makan dan minum Oo mengandalkan bantuan suaminya, Dedi Junaedi (53).

Dedi mengatakan, awalnya istrinya memiliki riwayat penyakit darah tinggi. Namun karena telat kontrol, tubuh Oo tiba tiba lumpuh.
“Kata dokter sih stroke,” ujar Dedi, ditemui di rumahnya, Rabu (13/4).

Baznas dan Polres Sambut Ramadhan Dengan BBM

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1442 H / 2021 M Baznas Kabupaten Sumedang bekerjasama dengan Polres Sumedang Senin (12/4) melakukan Bersih-Bersih Masjid (BBM) serempak di 26 Kecamatan.

Kegiatan Bersih-Bersih Masjid diawali oleh Kapolres Sumedang di wilayah hukum Polsek Sukasari dengan menyerahkan bantuan sarana ibadan dan alat kebersihan pada pengurus masjid Besar Kecamatan Sukasari, kemudian diikuti secara serempak oleh anggota Polsek, Forkopimcam, UPZ Kecamatan dan masyarakat melakukan kegiatan yang sama disetiap wilayah se-Kabupaten Sumedang.

Baznas Sumedang Sehat Gandeng Klinik Berikan Pelayanan Gratis

SUMEDANGEKSPRES.COM – Klinik dan Apotik Afiat Medika Farma bekerjasama dengan Baznas Sumedang memberikan pelayanan kesehatan gratis, bagi dhuafa. Diantaranya, pelayanan khusus kebidanan dan kandungan, dokter anak serta dokter umum.

Terpantau, dalam kegiatan bertajuk Gema Merpati (Gempita Aksi Membagi Rezeki dan Pengobatan Simpati) itu, juga dilakukan santunan oleh Baznas Sumedang dan Afiat Medika Farma, Minggu (11/4).

Disampaikan Direktur CV Afiat Jaya, Yayan Yunari S.A.P di Jalan Serma Muchtar No 106 Lingkungan Barak, Kelurahan Situ Sumedang Selatan.

“Ini dilakukan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 2021,” ucapnya.

Baznas Usulkan Besaran Nilai Beras Fitrah Pada Bupati

Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Sumedang selasa, (30/3) menyelenggarakan Rapat Pleno Penentuan Nilai Harga Beras untuk standar pembayaran zakat fitrah tahun 1442 H / 2021 M bertempat di Aula Baznas Kabupaten Sumedang.

Rapat tersebut di hadiri oleh unsur Kementerian Agama Sumedang, Bagian Kesra Setda Sumedang, DKPP, MUI, Dewan Syari’ah dan Pimpinan Baznas Kabupaten Sumedang.

Baznas Assessment Calon Pengurus UPZ Kecamatan Se-Kabupaten Sumedang

KOTA – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sumedang lakukan assessment terhadap calon kepengurusan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Se- Kabupaten Sumedang periode 2021-2023 di Aula Baznas Sumedang, Senin (22/3/2021).

Dikutip dari laman Times Indonesa, Ketua Baznas Sumedang Ayi Subhan Hafas mengatakan, assessment bagi calon pengurus UPZ tingkat kecamatan tersebut dilaksanakan selama 4 hari kedepan hingga Kamis (25/3/2021) nanti.

“Hari ini merupakan hari pertama asesmen. Diharapkan prosesnya berjalan lancar. Terlebih, kepengurusan baru dapat melahirkan kepengurusan yang jauh lebih baik lagi kedepannya,” ucap Ayi.