Inilah Perkembangan Pendistribusian dan Pemberdayaan Zakat di Kabupaten Sumedang!

Zakat memiliki peran dan fungsi yang sangat penting dalam mewujudkan kesejahteraan umat. Untuk mewujudkan optimalisasi pemberdayaan zakat, BAZNAS Kabupaten Sumedang terus berupaya untuk memberikan layanan dalam berbagai bentuk santunan dan bantuan terhadap masyarakat yang berhak menerimanya. Berikut perkembangan hasil pemberdayaan zakat yang telah dicapai dari tahun 2014 – 2018.

Bantuan Hibah Pemerintah Daerah sebagai Bentuk Dukungan Terhadap Pengelolaan Zakat di Kabupaten Sumedang

Keberhasilan BAZNAS Kabupaten Sumedang dalam melaksanakan penghimpunan zakat tidak lepas dari peran dan dukungan pemerintah daerah. Hal ini dibuktikan dengan terus meningkatnya jumlah bantuan hibah dari Pemerintah daerah yang diperlukan untuk menunjang kebutuhan operasional dan administrasi perkantoran di BAZNAS Kabupaten Sumedang. Berikut infografis perkembangan bantuan hibah dari pemerintah daerah tahun 2014 – 2018.

Penghimpunan Zakat Fitrah Kabupaten Sumedang Semakin Meningkat

Sebagaimana hasil penghimpunan ZIS, perkembangan Zakat Fitrah di Kabupaten Sumedang terus mengalami peningkatan. Dari tahun 2014 sampai 2019 tercatat hasil penghimpunan zakat fitrah mencapai kenaikan sebesar 6,07 M sebagaimana infografis berikut.

Penghimpunan ZIS di Sumedang terus meningkat

Dari tahun ke tahun, hasil penghimpunan ZIS di BAZNAS Kabupaten Sumedang terus mengalami peningkatan. Dari tahun 2014 sampai 2019 tercatat penghimpunan ZIS mencapai kenaikan sebesar 5,84 M sebagaimana infografis berikut.

Sistem Pengelolaan Zakat

Sistem Pengelolaan zakat pada dasarnya merupakan sebuah kesatuan integral dari proses pengimpunan, pendistribusian dan pemberdayaan zakat untuk mencapai kesejahteraan masyarakat yang dilaksanakan  berdasarkan asas-asas tertentu sebagaimana digambarkan pada infografis berikut.