Baznas Provinsi Jabar Kerjasama Dengan Baznas Sumedang Bantu Sarpras Keagamaan Korban Bencana Alam Cimanggung

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sumedang Senin (15/2) mendistribusikan bantuan sarana keagamaan pada DKM Masjid, Pesantren dan Mushola yang terkena dampak longsor dan banjir di Wilayah Kecamatan Cimanggung.

Ketua Baznas Kabupaten Sumedang Ayi Subhan Hafas mengatakan, kami mendapatkan sharing bantuan dari Baznas Provinsi Jawa Barat untuk disalurkan pada korban bencana alam tanah longsor dan banjir di wilayah Kecamatan Cimanggung, bantuan tersebut difokuskan pada DKM Masjid, Pesantren dan Mushola yang belum tersentuh bantuan.

BTB Sumedang Bergabung Tim Faji Dalam Pencarian Warga Rancakalong Yang Tenggelam di Sungai Cimanuk

Baznas Tanggap Becana (BTB) Kabupaten Sumedang sejak hari Jumat (22/1/2021) sampai dengan Minggu (24/1/2021) turut serta dalam pencarian korban yang tenggelam di Sungai Cimanuk Kabupaten Sumedang.

Diketahui, korban tenggelam yakni Ruhyat Dani Heryana (45).

Warga Dusun Ciherang RT 03/03, Desa Pasir Biru, Kecamatan Rancakalong, Kabupaten Sumedang ini dilaporkan hilang tenggelam saat menyeberangi Sungai Cimanuk menggunakan jerigen pada hari Jumat.

BAZNAS Terus Salurkan Bantuan ditengah Bencana Longsor Cimanggung

Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Sumedang melalui Baznas Tanggap Bencana (BTB) terus salurkan bantuan di tengah bencana tanah longsor Desa Cihanjung Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang yang Menelan banyak korban.

Sejak terjadinya bencana tanah longsor hari sabtu, (9/01/2021) Baznas Tanggap Bencana (BTB) telah diturunkan untuk membantu tim evakuiasi korban bencana, selain tenaga BTB juga membantu dapur umum dengan memasok logistik bagi tim dan relawan kemanusiaan pencarian korban bencana.

UPZ Kemenag Mendapat Penghargaan dari BAZNAS

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang hari ini selasa (5/1/2021) melaksanakan upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama Ke-75 tahun 2021.

Pada kesempatan tersebut BAZNAS Kabupaten Sumedang memberikan piagam penghargaan dan satu unit laptop kepada Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang yang diserahkan langsung oleh Bupati kepada Kepala Kantor Kemenag didampingi Ketua BAZNAS Kabupaten Sumedang.

Ibunda Penderita Polio Bersyukur Dapat Kursi Roda

Zaenal Kurnia (16) warga Dusun Cidomas RT 01 Rw 02 Desa Cibugel Kecamatan Cibugel setiap harinya hanya bisa terduduk lesu di rumahnya, seluruh badannya terlihat kering kecil bak kaki atau tangan anak bayi yang baru berusia beberapa bulan tetapi untuk berkomunikasi ia normal seperti anak seusianya, namun ia mengeluh bahwa ia tak bisa menggerakkan seluruh tubuhnya.

Dulu Zaenal kecil pernah belajar di PAUD dan melanjutkan ke sekolah dasar, namun disaat ia menginjak kelas II merasa minder dan malu karena kondisi badannya yang tidak normal seperti teman-teman sekelasnya, hingga akhirnya ia meminta kepada orangtuanya untuk berhenti sekolah dengan alasan tersebut.

Baznas-Polres Resmikan 23 Rumah Layak Huni

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sumedang bersama Polres Sumedang Selasa, (8/12) serentak meresmikan Rumah Tidak Layak Huni yang sudah diperbaiki, peresmian secara simbolis diawali oleh Kapolres Sumedang di Desa Cimara Kecamatan Cisarua.

Ketua BAZNAS Kabupaten Sumedang Ayi Subhan Hafas dalam sambutannya mengatakan, sebanyak 23 rumah yang selesai diperbaiki hasil kerjasama BAZNAS dengan Polres Sumedang, harini diresmikan secara serentak di 23 kecamatan setelah sebelumnya sebanyak 3 rumah diresmikan oleh Ketua BAZNAS dan Kapolres Sumedang di kecamatan paseh total 26 rumah layak ditempati, ucapnya.

Bupati Beri Bantuan untuk ODHA

BAZNas- Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengajak masyarakat meningkatkan rasa empati dan kepedulian terhadap orang dengan HIV/AIDS (ODHA). “Dengan Hari AIDS Sedunia ini kita harus meningkatkan rasa empati dan kepedulian kita terhadap mereka yang terkena musibah terjangkit HIV/AIDS, beri semangat untuk terus melakukan pengobatan terus menerus, karena ini bisa dikendalikan,” kata Dony, saat peringatan Hari… Continue reading Bupati Beri Bantuan untuk ODHA

Ade Gembira Rumahnya Diperbaiki

PASEH KALER – Ade Jayadi (66) warga RT 16 RW 06, Dusun Paseh, Desa Paseh Kaler, Kecamatan Paseh mengaku terharu rumah yang ditinggalinya selama puluhan tahun diperbaiki melalui Program Rehab Rumah Tidak Layak Huni dari Polres Sumedang bekerjasama dengan BAZNas Sumedang. Ade yang hanya bekerja serabutan tidak mampu memperbaiki rumahnya yang sudah reyot dan nyaris… Continue reading Ade Gembira Rumahnya Diperbaiki

Yang Terdampak Covid-19 Dapat Bantuan dari Baznas

Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Sumedang Kamis, (12/11/2020) melaksanakan Gebyar Pemberdayaan Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) bertempat di Gedung Negara Sumedang.

Hadir pada kegiatan tersebut Bupati Sumedang, Kadis Pendidikan, Kabag Kesra Setda Sumedang, Direktur BNI Cabang Sumedang, para ketua MKKS, Dewan Syariah BAZNAS, Ketua BAZNAS Kabupaten Sumedang berserta jajarannya.

Ketua BAZNAS Kabupaten Sumedang Ayi Subhan Hafas dalam sambutannya mengatakan, Baznas menyalurkan dana zakat titipan dari para muzaki pada empat bidang yaitu bidang ekonomi, pendidikan, sosial dan kesehatan bagi masyarakat yang terdampak Covid-19, total bantuan tersalurkan sejumlah 1 milyar.

Baznas Polres Kerjasama Rehab Rutilahu

BAZNAS – Polres Sumedang meluncurkan program rehab rumah tidak layak huni (RTLH), di Aula Tri Brata, Rabu (4/11/2020). Polres Sumedang bekerjasama dengan Baznas Sumedang.

Kapolres Sumedang, AKBP Eko Prasetyo Robbyanto mengatakan, melalui program ini ada sebanyak 26 unit rumah tidak layak huni yang akan direhab.

“Ada 26 rumah di 26 kecamatan yang masuk wilayah hukum Polres Sumedang yang akan kami rehab,” katanya.